Minggu, 15 November 2015

kisi-kisi ujian tengah semester

KISI-KISI UJIAN TENGAH  SEMESTER
STIE BANK BPD JATENG
Mata kuliah : Sistem Informasi Manajemen
Dosen pengampu : Septia Lutfi, S.Kom, M.Kom
1.      Jelaskan manfaat sistem informasi manajemen dalam bidang pemasaran?
2.      Apa yang kamu ketahui tentang sistem informasi manajemen? Dan mengapa sistem informasi manajemen sangat berperan penting dalam sebuah manajemen?
3.      Jelaskan sejarah sistem informasi manajemen, eksistensinya saat ini dan perkembanganya dimasa depan!
4.      Apa keuntungan dan kerugian dari penggunaan sistem informasi manajemen bagi sebuah perusahaan? Sebut dan jelaskan!
5.      Komponen apa saja yang diperlukan dalam sistem informasi manajemen?
6.      Jelaskan bagaimana hubungan sistem informasi manajemen dan fungsi manajemen?
7.      Mengapa dikatakan sistem informasi akuntansi sebagian terbesar dari sistem informasi manajemen?
8.      Jelaskan manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan?
9.      Kualitas suatu informasi dipengaruhi oleh 3 hal, relevancy, accuracy, timeliness. Jelaskan 3 hal tersebut!
Jawaban :
1.      Manfaat SIM di bidang pemasaran :
a.       Pendukung penjualan
b.      Analisis penjualan
c.       Riset konsumen
d.      Riset pasar
e.       Riset pesaing
f.       Peningkatan promosi dan iklan
g.      Pengembang produk baru
h.      Perkiraan penjualan
i.        Perencanaan produk dan penetapan harga produk
j.        Kontrol penjualan
2.      Sistem informasi manajemen merupakan jaringan prosedur pengalaman data yang dikembangkan dalam suatu sistem dengan maksud memberikan informasi (intern dan ekstern) kepada manajemen, sebagai dasar pengabilan keputusan sistem informasi manajemen sangat berperan penting dalam sebuah manajemen karena :
a.       Menunjang kegiatan bisnis operasional
b.      Menunjang manajemen dalam mengambil keputusan
c.       Menunjang keunggulan strategi, kompetitif organisasi/perusahaan
3.      Sejarah sistem informasi manajemen :
Konsep sistem informasi telah ada sebelum munculnya komputer. Sebelum pertengahan abad ke-20, pada masa itu masih digunakan kartu punch, pemakaian komputer terbatas pada aplikasi akuntansi yang kemudian dikenal sebagai sistem informasi akuntansi. Namun demikian para pengguna khususnya dilingkungan perusahaan masih mengesampingkan kebutuhan informasi bagi para manajer. Aplikasi akuntansi yang berbasis komputer tersebut diberi nama pengolahan data elektronik (PDE). Pada tahun 1964, komputer generasi baru memperkenalkan prosesor baru yang menggunakan silicon chip circuitry dengan kemampuan pemrosesan yang lebih baik. Untuk mempromosikan generasi komputer tersebut, para produsen memperkenalkan konsep system informasi manajemen dengan tujuan utama yaitu aplikasi computer adalah untuk menghasilkan informasi bagi manajemen. Ketika itu mulai terlihat jelas bahwa komputer mampu mengisi kesenjangan akan alat bantu yang mampu menyediakan informasi manajemen. Konsep SIM ini dengan sangat cepat diterima oleh beberapa perusahaan dan institusi pemerintah dengan skala besar seperti Departemen Keuangan khususnya untuk menangani pengelolaan anggaran, pembiayaan dan penerimaan negara. Namun demikian, para pengguna yang mencoba SIM pada tahap awal menyadari bahwa penghalang terbesar justru datang dari para lapisan manajemen tingkat menengah sampai atas. Perkembangan konsep ini masih belum mulus dan banyak organisasi mengalami kegagalan dalam aplikasinya karena adanya beberapa hambatan, misalnya:
Økekurangpahaman para pemakai tentang computer
Økekurangpahaman para spesialis bidang informasi tentang bisnis dan peran manajemen
Ørelatif mahalnya harga perangkat komputer, serta
Øterlalu berambisinya para pengguna yang terlalu yakin dapatmembangun sistem informasi secara lengkap sehingga dapatmendukung semua lapisan manajer.Sementara konsep SIM terus berkembang, Morton, Gorry, dan Keendari Massachussets Institute of Technology (MIT) mengenalkan konsep baru yang diberi nama Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems - DSS). DSS adalah sistem yang menghasilkan informasi yang ditujukan pada masalah tertentu yang harus dipecahkan atau keputusan yang harus dibuat oleh manajer.Perkembangan yang lain adalah munculnya aplikasi lain, yaitu Otomatisasi Kantor (office automation - OA), yang memberikan fasilitas untuk meningkatkan komunikasi dan produktivitas para manajer dan staf kantor melalui penggunaan peralatan elektronik.Belakangan timbul konsep baru yang dikenal dengan nama Artificial Intelligence (AI), sebuah konsep dengan ide bahwa komputer bisa diprogram untuk melakukan proses logik menyerupai otak manusia. Suatu jenis dari AI yang banyak mendapat perhatian adalah Expert Systems (ES), yaitu suatu aplikasi yang mempunyai fungsi sebagai spesialis dalam area tertentu. Semua konsep di atas, baik PDE, SM, OA, DSS, EIS, maupun AI merupakan aplikasi pemrosesan informasi dengan menggunakan komputer dan bertujuan menyediakan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan (Sutono, 2007).
Eksistensi saat ini SIM saat ini: Sangat eksis dan banyak digunakan di berbagai   bidang karena melihat begitu besar manfaatnya.
Perkembangan di Masa Mendatang : Jika kita lihat bahwa semakin maju dunia,maka semakin tinggi pula kecepatan dari majunya tekhnologi.jika kita acuh atau tertinggal akan kemajuan tekhnologi maka kita akan terlindas oleh jaman. Maka sudah pasti bahwa di masa mendatang, SIM akan lebih marak lagi digunakan dengan tekhnologi yang lebih canggih lagi dari sekarang.

4.      Keuntungan bagi manajer :
a)      Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
b)      Menerapkan logika yang lebih tinggi
c)      Menyediakan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan
d)     Membuat keputusan yang lebih konsisten
Keuntungan bagi perusahaan :
a)      Kinerja perusahaan lebih baik
b)      Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan
Kerugian :
Memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga menambah angka pengangguran
5.      Secara fungsional :
a.       Sistem administrasi dan operasional
b.      Sistem pelaporan manajemen
c.       Sistem pencarian
d.      Manajemen data
Secara fisik :
a.       Perangkat keras, seperti : komputer, telepon, decorder dll
b.      Perangkat lunak, seperti : program aplikasi
c.       Database, seperti : file tempat penyimpanan data
d.      Prosedur pengoprasian
e.       Personalia pengoprasian

6.      Hubungannya menuai sinergi yaitu serangkaian sub sistem yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input) kemudian memproesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemuthakiran, dan lain-lain,akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output) serta fungsi manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas maupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telahnditetapkan sebelumnya. Ada 4 fungsi manajemen :
1.      Perencanaan (planning)
2.      Pengorganisasian (organizing)
3.      Pengarahan ( actuating/directing)
4.      Pengawasan (controlling)
7.      Sistem informasi akuntansi adalah suatu sub sistem dalam sistem informasi manajemen yang menyediakan informasi akuntansi dan keuangan, dan juga informasi lain yang diperoleh dari pengolahan rutin atas transaksi akuntansi
8.      Manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan :
1.      Meningkatkan efisiensi operasional
2.      Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
3.      Membangun sumber-sumber informasi strategis
4.      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
5.      Mendukung pengambilan keputusan manajerial
9.      Relevancy : informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya
Accuracy : sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi tersebut tidak bias/menyesatkan, bebas dari kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya
Timeliness : bahwa informasi yang dihasilakan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat (usang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar